Tips Mencegah Smartphone Agar Tidak Hang

Tips Mencegah Smartphone Agar Tidak Hang - Banyak pengguna smartphone dari segala merek yang mengeluhkan tentang leletnya device mereka bahkan sering kali hang, khususnya bagi smartphone dengan spesifikasi yang kurang mumpuni. Ada banyak faktor yang mempengaruhi masalah hang pada smartphone ataupun tablet dimana sering kali hal itu membuat kita jengkel, namun sebenarnya sebagian besar masalah yang terjadi pada perangkat justru disebabkan oleh kesalahan pada penggunanya sendiri. Nah untuk itu kita harus mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan masalah tersebut agar kita bisa mencegahnya.
Mengerti dan pahami keadaan smartphone kita
Smartphone hang
Arti dari smartphone adalah ponsel pintar, namun ponsel pintar tidak akan ada artinya jika sang pengguna sendiri tidak pandai dalam memanfaatkan atau merawat smartphone nya. Itu artinya, pengguna smartphone juga harus smart agar dapat mengimbangi smartphone yang digunakannya, karena smartphone cenderung lebih "rewel" dibandingkan dengan ponsel biasa yang hanya bisa digunakan untuk bertelpon dan sms, sehingga kita dipaksa untuk mengerti bagaimana cara perawatan yang tepat agar performa smartphone tetap prima. Penyebab rewelnya smartphone pun bermacam-macam, nah berikut adalah beberapa penyebab utama yang membuat smartphone kita rewel atau bahkan hang :
Kesalahan Pengguna
Kenali spesifikasi smartphone anda. Banyak pengguna yang tidak sabaran saat menggunakan smartphone. Pengguna sering kali ingin berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan cepat tanpa memperhatikan seberapa batas kemampuan smartphone yang mereka miliki sehingga perangkat mengalami lag (gerakan tidak mulus / patah-patah) lelet atau bahkan hang.
Tips : Perhatikan dan kenali batas kemampuan smartphone anda dengan melihat spesifikasinya, karena tidak semua smartphone memiliki spesifikasi yang mumpuni. Kecepatan prosesor yang minim, serta kapasitas RAM yang terbatas akan membatasi smartphone anda dalam menjalankan aplikasi tertentu yang tergolong berat, sehingga pengguna harus mengira-ngira aplikasi apa yang sekiranya tidak membuat smartphone kita kewalahan. Hal ini juga penting untuk disadari ketika kita ingin berpindah aplikasi, lakukan dengan perlahan (khususnya bagi perangkat yang memiliki RAM kecil), berikan waktu untuk loading pada smartphone agar smartphone tidak bekerja terlalu berat yang akan memicu terjadinya hang pada smartphone. Begitupun seusai booting atau menyalakan kembali smartphone anda. Hindari untuk menggunakannya sesaat setelah booting, karena belum semua file terbaca dengan sempurna (lama loading tergantung spesifikasi perangkat).
Out Of Memory
Perhatikan ruang pada memory. Memory, terutama memory Internal yang penuh juga mempengaruhi kinerja dari sebuah perangkat. Hal ini bisa disebabkan karena banyaknya file sampah atau cache yang tersimpan. File sampah tersebut biasanya "ditulis" oleh aplikasi saat anda menggunakannya. Selain itu, banyaknya aplikasi yang terinstall juga dapat membuat memory internal menjadi penuh sesak.
Tips : Pasanglah aplikasi cache cleaner untuk menghapus cache pada smartphone anda. Jika penyimpanan internal mulai penuh, kamu perlu membersihkan sebagian data yang tersimpan disana atau memindahkan sebagian file pada eksternal memory. Jika terpaksa kamu juga bisa memindahkan aplikasi ke SD card, namun beberapa versi OS Android tidak mengijinkan pengguna untuk memindahkan aplikasi ke memory eksternal. Maka saya lebih menyarankan untuk melanjutkan membaca ke halaman cara memindahkan data apps Android ke SD Card setelah membaca artikel ini. Kamu juga bisa menghapus atau uninstall aplikasi yang sekiranya tidak terlalu penting untuk memberi ruang lebih pada memory.
Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan di Background
Pastikan untuk mematikan apilkasi sebelum menjalankan aplikasi lain. Sering kali aplikasi yang sudah tidak kita gunakan masih berjalan di balik layar (background). Hal ini tentunya akan membuat kinerja smartphone akan terasa berat.
Tips : Hindari tombol "Home" (yang biasanya terdapat di tengah) saat ingin menutup aplikasi, karena tombol "Home" hanya akan menyembunyikan aplikasi tersebut dari layar, namun aplikasi tetap berjalan (berguna untuk multitasking). Gunakanlah tombol / softkey "Back" atau menu "Exit" jika ingin menutup aplikasi. Aplikasi yang tetap berjalan di background akan sangat mempengaruhi kinerja perangkat, karena RAM akan terisi oleh aplikasi tersebut yang membuat smartphone terasa lelet saat membuka aplikasi lainnya, serta prosesor akan terus bekerja sehingga membuat baterai terasa cepat habis dan membuat smartphone cepat panas.

BACA JUGA : Tips menghemat baterai Android
Minta Diganti Dengan Yang Baru
Faktor umur pada perangkat juga sangat menentukan performa yang dimilikinya. Nah untuk solusi yang terakhir ini adalah solusi pamungkas yang dijamin efektif untuk mengatasi masalah hang pada smartphone anda. Tapi cara ini adalah pilihan terakhir jika dirasa sudah tidak ada harapan yang bisa membantu smartphone anda untuk bekerja dengan lancar. Dan perlu diingat bahwa anda juga harus tetap jeli dalam memilih smartphone agar tidak salah pilih. Jika anda berniat untuk beralih ke smartphone dengan sistem operasi Android, ada baiknya anda melanjutkan ke halaman tips pintar memilih smartphone Android.
Nah mungkin itu saja tips yang bisa saya berikan untuk pemirsa sekalian pada posting kali ini. Ada pendapat lain? Silahkan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat :D
 

0 Response to "Tips Mencegah Smartphone Agar Tidak Hang"

Post a Comment